Salah Satu Manfaat Biji Kurma Untuk Rambut Rontok

khasiat biji kurma
Buah kurma yang kita konsumsi selama bulan Ramadhan ini menyisakan biji kurma yang tidak termanfaatkan. Biji-biji kurma biasanya kita buang begitu saja setelah kita nikmati buahnya. Ternyata biji kurma bisa dimanfaatkan untuk diolah layaknya biji kopi seperti yang biasa kita minum.

Pengolahan biji kurma menjadi kopi biji kurma melalui beberapa tahapan hingga siap dihidangkan atau dimanfaatkan. Salah satu manfaat yang belum kita ketahui selama ini,  dikutip dari kabarmakkah.com, ternyata bubuk biji kopi kurma bisa dimanfaatkan untuk masalah kulit kepala yang parah atau rambut rontok.

Proses pengolahan biji kurma menjadi kopi biji kurma sebagai berikut:

1. Cuci biji kurma sampai bersih tanpa menggunakan sabun dan sejenisnya karena dikhawatirkan sabun sangat berbahaya bagi tubuh jika terkonsumsi. Pastikan tidak ada sisa-sisa daging kurma yang masih tertinggal, kemudian bilaslah dengan air sampai bersih.

2. Perlakuan selanjutnya penjemuran biji kurma seperti halnya pada penjemuran kopi biasa. Biji kurma dijemur sampai kering sempurna di bawah terik matahari di tempat yang aman, terhindar dari debu dan binatang-binatang lainnya. Kebersihan biji kurma harus terjaga dengan baik.

3. Proses menuju kopi biji kurma dilakukan dengan menggoreng biji kurma yang sudah kering dalam wajan tanpa minyak. Goreng sampai hangus dan mengeluarkan aroma sedap seperti kopi.

4. Langkah terakhir untuk menghasilkan bubuk kopi biji kurma dengan menumbuk atau memblender biji kurma tersebut sampai halus. Bisa juga menggunakan alat giling kopi biasa. Akhirnya dihasilkan bubuk kopi biji kurma yang siap untuk dimanfaatkan atau diseduh menjadi minuman layaknya kopi.

Adapun beberapa manfaat dari biji kurma sebagai berikut:
  • Memberi energi instan
  • Menyembuhkan diabetes
  • Memberikan stamina yang cukup untuk bekerja selama seharian penuh
  • Menghilangkan letih dan lesu
  • Menghangatkan badan
  • Mengendorkan syaraf tegang, sehingga memberikan perasaan tenang
  • Menyembuhkan kanker, keputihan, gatal-gatal dan masuk angin
  • Menyembuhkan sakit perut
  • Menyegarkan badan / tidak mengantuk
  • Menyembuhkan darah tinggi, kolesterol dan stroke
  • Menyembuhkan sakit kepala / migrain
  • Melancarkan peredaran darah.

Komposisi dan nutrisi yang terkandung dalam 100 gram biji kurma yang telah proses adalah:

Kelembaban: 7.17 - 9%

Protein: 1.82 - 5.2%

Lemak: 6.8 - 9.32%

Karbohdrat: 65.5%

Serat: 6,4 - 13,6%

Abu, sterol, Estrone: 0.89 -1.57%

Polisakarida Larut Alkali: 0.89 - 1.57%

Minyak Kuning-hijau: 6 - 8%

Kandungan Asam Lemak Minyak Kuning-hijau:
Lauric, 8%; myrictic, 4%; palmitic, 25%;

Stearic, 10%; Oleic, 45%; Linoleic, 10%

Asam Caprilat, Capric dan Asam Oksalat rentang sampai 56%

Apakah manfaatnya cuma itu saja?? Oh tidak, karena selain bisa dibuat kopi, bubuk biji kurma juga bisa dijadikan sebagai scrub untuk melembutkan kulit. Caranya sangat mudah, Campurkan bubuk kopi biji kurma diatas dengan sedikit madu sebelum disapukan ke kulit.

Jika kamu mengalami masalah kulit kepala yang parah atau rambut rontok, ambil bubuk kopi biji kurma secukupnya lalu campurkan dengan satu sendok minyak zaitun, lakukan setiap hari sebelum tidur mudah-mudahan hasil yang menakjubkan.

About Unknown

Nasehat dalam kebaikan dan kesabaran
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment